Cegah Corona, Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi Makanan Ini

Rabu, 18 Maret 2020 - 17:30 WIB
Cegah Corona, Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi Makanan Ini
Cegah Corona, Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi Makanan Ini
A A A
JAKARTA - Individu yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah berisiko tinggi terinfeksi virus corona. Karena itu, penting untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari paparan virus mematikan ini.

Selain menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya secara teratur, kabar baiknya, sistem kekebalan tubuh juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi beberapa makanan. Alasannya, makanan-makanan ini mengandung nutrisi alami. Manfaat kesehatan dari makanan tersebut umumnya berasal dari hubungan sinergis dan kombinasi semua nutrisi dalam makanan yang sulit diekstraksi menjadi pil.

Dilansir dari laman Good Housekeeping, berikut nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh menurut ahli diet.

1. Prebiotik.

Prebiotik dianggap sebagai bakteri baik dalam usus. Mikroorganisme hidup yang bermanfaat ini adalah garis pertahanan pertama untuk apapun yang Anda konsumsi, dan dipercaya dapat melindungi semua organ di tubuh. Makanan kaya probiotik termasuk yogurt, kefir, kombucha, miso, dan asinan kubis.

2. Protein.

Protein dari sumber hewani tanpa lemak dan nabati seperti buncis, kacang, lentil, dan kacang polong juga dapat meningkatkan kekebalan dengan mengatur sel yang ada serta menghasilkan sel yang baru. Sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian juga menyediakan antioksidan. Sementara daging, kerang, dan kacang-kacangan memasok seng, mineral yang membantu menjaga sel-sel kekebalan tubuh serta menyembuhkan luka.

3. Air.

Air adalah sumber asupan yang paling penting. Pasalnya, kebutuhan cairan tubuh meningkat ketika melawan infeksi. Minum dua cangkir air tambahan, plus asupan minimum air harian untuk membentuk regenerasi sel limfatik demi membuat tubuh Anda merasa lebih kuat. Sup dan semur menyediakan asam amino serta mineral penambah kekebalan tubuh. Sementara sup ayam juga menyediakan lebih banyak protein plus H2O.

4. Vitamin C.
Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan imunitas. Vitamin C bisa membantu melindungi tubuh dari infeksi dan bahkan dapat merangsang pembentukan antibodi untuk melawan penyakit. Satu-satunya masalah adalah bahwa tubuh tidak dapat membuat Vitamin C, jadi vitamin ini harus berasal dari makanan yang Anda makan setiap hari. Buah seperti jeruk dan anggur dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Begitu juga dengan paprika merah dan stroberi.

5. Vitamin A dan E.

Vitamin A membantu tubuh mengatur sistem kekebalan tubuh dan dapat melindungi diri dari infeksi. Beberapa contoh makanan kaya Vitamin A yaitu kentang manis, brokoli, paprika merah, dan wortel.

Sementara Vitamin E adalah antioksidan dan membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin E dapat membantu melindungi tubuh terhadap beberapa penyakit menular. Cobalah menggabungkan almond, hazelnut, dan selai kacang dalam diet untuk mendapatkan manfaat dari Vitamin E. Sayuran hijau, termasuk bayam dan brokoli, juga mengandung Vitamin E.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8224 seconds (0.1#10.140)